Selasa, 22 Juni 2021 - 07:34:16 WIB
Upaya Kodim 1622/Alor Selamatkan Alam Alor Melalui Penanaman Pohon Beringin
Diposting oleh : Redaksi
Kategori: NASIONAL.





Kabar-kini.com, KALABAHI – Negara hadir untuk rakyat dan salah satunya dilakukan oleh prajurit TNI kodim 1622/Alor bersama masyarakat di wilayah Kabupaten Alor melaksanakan penanaman puluhan pohon beringin dan ratusan jenis pohon rimba lainnya, di Desa Mataru Utara, Senin (21/6/2021).

Penanaman pohon ini dilakukan, menurut Dandim 1622/Alor Letkol Inf Supyan Munawar, S.Ag untuk menindaklanjuti perintah Pangdam IX/Udayana sebagai upaya menjaga keindahan alam yang telah dianugerahi oleh Tuhan bagi kita dengan bervariasi flora dan fauna, termasuk terbentangnya hutan dan pegunungan.

Namun semua keindahan yang ada, tersimpan juga berbagai ancaman berupa bencana alam apabila musim hujan tiba. Hal ini sudah kita rasakan ketika terjadinya badai siklon tropis seroja pada tanggal 4 April 2021 yang lalu.

"Kita sudah mengalami kejadian bencana alam saat seroja dimana terjadi banjir dan tanah longsor di berbagai wilayah Kabupaten Alor, sebagai akibat dari rusaknya hutan oleh tangan kita sendiri. Mari kita lindungi hutan untuk selamatkan masa depan anak cucu kita", ujar Dandim.

Lanjut disampaikan Dandim Supyan, kejadian tanah longsor selain karena tingginya intensitas hujan, tetapi karena wilayah Kabupaten Alor yang banyak pegunungan namun tidak dibarengi dengan penghijauan, apalagi penebangan liar karena pola petani berkebun berpindah-pindah dan membakar hutan, sehingga berkurangnya daerah resapan air.

Untuk menyelamatkan alam yakni flora dan fauna, air dan keindahan alam untuk masa depan anak cucu tersebut, maka diperlukan tindakan preventif dengan melaksanakan kegiatan pelestarian alam atau penanaman pohon.

Lebih lanjut dijelaskan Dandim, selain menanam pohon beringin dan pohon rimba lainnya. Juga memilih pohon bambu karena sangat cocok dan paling banyak menyerap air, maka otomatis akan menjadi tempat sumber air, apalagi dekat dengan sumber air lokasi pemasangan pompa hydram. Inilah negara hadir untuk rakyat, ungkap Dandim.

Diharapkan dengan program penanaman beringin sebagai gagasan dari Bapak Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Maruli Simanjuntak, sebagai salah satu upaya pelestarian lingkungan/alam, maka kawasan sekitar Desa Mataru Utara menjadi lebih lestari dan aman dalam menghadapi kemungkinan bencana alam dan tidak kekurangan air dimasa yang akan datang. Selain itu, kegiatan ini akan dilaksanakan oleh para Babinsa di desa-desa lainnya di seluruh Kabupaten Alor.

(Pendim 1622)

    Home | Headline| Nasional| Megapolitan| Nusantara| Ekonomi| Teknologi| Profil| Lipsus| Hiburan| Sususunan Redaksi
    2014 KABAR KINI .com - All rights reserved